Cara Mudah Cek dan Bayar Tagihan PDAM Online

Cek Tagihan PDAM

Meskipun saat ini banyak pemukiman penduduk yang memanfaatkan sumur artesis atau bor, nyatanya penggunaan fasilitas PDAM masih menjadi pilihan utama. Apalagi saat ini, sarana dan prasarana fasilitas tersebut semakin baik. Termasuk salah satunya, sistem cek tagihan dan pembayaran secara online.

Cek Tagihan PDAM Secara Online

Tagihan PDAM biasanya ditentukan oleh seberapa banyak angka yang tertera di meteran. Sampai saat ini pun sistem penentuan tagihan oleh PDAM masih dilakukan secara konvensional dengan cara menugaskan beberapa staf di lapangan untuk melihat satu per satu meteran warga pengguna PDAM.

Dulu, untuk cek tagihan dan bayar PDAM pun, Anda masih harus mengantre di kantor PDAM atau agen PPOB (Pusat Pembayaran Online Bersama). Saat ini, hal tersebut bisa kita lakukan dengan mudah bermodalkan smartphone atau PC saja karena seluruh sistem informasi PDAM tersedia secara online.

Jadi selama ada jaringan internet, Anda bisa mengetahui berapa tagihan PDAM bulan ini sekaligus melakukan pembayaran dengan mudah. Seiring berkembangnya teknologi, saat ini ada banyak aplikasi yang mampu menyediakan fasilitas tersebut sehingga semua semakin mudah dilakukan.

Salah satu aplikasi PPOB dengan user interface mudah dan tampilan sederhana adalah Rajapay. Untuk sementara, aplikasi ini hanya bisa digunakan pengguna Android dan tersedia di Playstore. Selain penggunaan pribadi, Rajapay juga bisa menjadi alat untuk mendukung bisnis PPOB.

Jadi bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut. Lalu, bagaimana cara cek tagihan PDAM secara online melalui aplikasi Rajapay. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda telah meng-install aplikasi Rajapay di smartphone Android
  2. Buka aplikasi dan lakukan registrasi dengan cara memasukkan nomor ponsel aktif
  3. Setelah memasukkan nomor ponsel, biasanya ada kode OTP masuk melalui layanan pesan. Masukkan kode OTP ke kolom yang tersedia di layar dan proses registrasi pun bisa dilanjutkan.
  4. Saat diminta untuk membuat dan memasukkan password, pastikan itu mudah diingat dan tidak bisa ditebak orang lain
  5. Lakukan top up (pengisian saldo) untuk memudahkan kita saat ingin melakukan transaksi bayar tagihan PDAM atau lainnya.
  6. Pilih menu PDAM lalu masukkan ID atau nomor pelanggan PDAM milik Anda setelah memilih wilayah kabupaten atau kota tempat tinggal
  7. Pilih menu cek tagihan dan biasanya setelah itu layar akan menunjukkan berapa banyak jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Bagaimana, mudah bukan? Untuk melakukan cek tagihan PDAM pelanggan lain pun cara yang dilakukan sama.  Karena aplikasi ini bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan, sebaiknya hanya pemilik smartphone yang mengetahui password untuk mengakses Rajapay.

Setelah mengetahui berapa tagihan PDAM bulan ini, sebaiknya langsung lakukan pembayaran. Lalu, bagaimana cara bayar PDAM melalui aplikasi Rajapay? Berikut ulasannya.

Bayar Tagihan PDAM Melalui Rajapay

Untuk membayar tagihan PDAM melalui Rajapay, langkah-langkahnya hampir sama dengan ketika ingin melakukan cek tagihan. Tapi sebelumnya, pastikan saldo pada aplikasi sudah terisi. Top up bisa dilakukan melalui transfer bank, Alfamart, virtual acoount, atau Qris.

Jika saldo Rajapay dirasa cukup, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih menu PDAM pada aplikasi Rajapay
  2. Pilih wilayah kabupaten atau kota tempat tinggal
  3. Masukkan ID pelanggan
  4. Biasanya setelah itu layar akan menunjukkan jumlah tagihan PDAM yang harus dibayar
  5. Pilih menu pembayaran
  6. Tagihan PDAM pun terbayarkan dengan cara memotong saldo Rajapay yang sebelumnya telah di-top up

Cukup mudah bukan? Tanpa harus antre di kantor layanan PDAM wilayah, Anda sudah bisa melunasi tagihan secara praktis. Selain digunakan secara pribadi, Rajapay juga bisa loh kita manfaatkan sebagai alat untuk mengembangkan bisnis PPOB. Karena selain PDAM, melalui aplikasi ini Anda juga bisa membayar tagihan lain. Mulai dari listrik, pulsa, BPJS, hingga internet seperti Indihome.

Peluang Bisnis PPOB Rajapay

Setelah mengulas tentang cara membayar tagihan PDAM online, selanjutnya mari kita bahas peluang bisnis PPOB menggunakan Rajapay. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa berbisnis menggunakan aplikasi ini sangat menguntungkan, yaitu:

  1. Pendaftarannya mudah
  2. Transaksi cepat di mana dan kapan saja
  3. Pilihan top up beragam dengan minimal deposit Rp10.000
  4. Tersedia fitur cetak PDF atau print melalui Bluetooth
  5. Tersedia fitur kasir untuk memonitor keuntungan
  6. Bisa kirim saldo antar pengguna Rajapay
  7. Banyak promo dan kupon potongan yang bisa digunakan
  8. Ada fitur pengaturan harga, dari harga asli ke harga pelanggan sesuai keinginan dan memudahkan tracking keuntungan

Jadi selama memiliki smartphone, modal untuk mengisi saldo, dan jaringan internet, Anda bisa memulai bisnis PPOB dengan Rajapay secara mudah. Tidak hanya beberapa keuntungan di atas, pengguna aplikasi ini juga dapat menikmati fasilitas lain seperti layanan Customer Service 24 jam sebagai bantuan apabila terjadi error pada aplikasi.

Simulasi Bisnis PPOB dengan Rajapay

Sebagai gambaran betapa menguntungkannya peluang bisnis PPOB bersama Rajapay, mari kita simak simulasi bisnis di bawah ini.

Pak Budi ingin membayar tagihan PDAM Bulan Maret melalui jasa PPOB Pak Donny yang sudah menggunakan aplikasi Rajapay. Tagihan yang harus dibayarkan Pak Budi beserta biaya administrasinya adalah Rp105.000. Agar mendapatkan keuntungan, Pak Donny mengatur harga jasanya sekitar Rp1.000 per tagihan.

Ketika akan membayar ke Pak Donny, Pak Budi harus membayar sebesar Rp106.000. Hal yang sama terjadi juga pada Bu Nina yang ingin membayar tagihan listrik rumahnya. Pada hari itu, Pak Donny melayani sekitar 40 transaksi dan mendapatkan keuntungan sekitar Rp40.000.

Apabila setiap hari jumlah transaksi yang dilayani Pak Donny tidak berbeda jauh, maka dalam sebulan beliau akan memperoleh penghasilan sekitar Rp1.200.000. Setelah dikurangi biaya operasional, dalam sebulan Pak Donny bisa meraup keuntungan sekitar Rp500.000 hingga Rp600.000.

Menarik bukan, angka tersebut tentu lebih besar ketika transaksi yang dilayani lebih dari 40 per harinya. Jadi tanpa harus keluar rumah, menyewa bangunan, atau membuat toko, Pak Donny bisa membangun bisnis PPOB-nya di mana dan kapan saja. Jadi, tertarik memulai bisnis PPOB dengan Rajapay?

Semoga informasi tentang cek tagihan dan bayar PDAM secara online di atas bermanfaat. Selamat mencoba.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *