Jangan Sampai Lalai! Ini Cara Praktis Cek Tagihan BPJS Online

Cek Tagihan BPJS Online

Sejak beberapa tahun lalu pemerintah Indonesia mewajibkan setiap penduduk memiliki BPJS sebagai jaminan kesehatan. Agar penerapannya merata, pemerintah memberlakukan sistem kelas pada BPJS agar masyarakat bebas memilih dan menyesuaikan dengan kondisi ekonomi mereka.

Seperti asuransi dan jaminan kesehatan lainnya, pengguna BPJS juga diwajibkan membayar premi setiap bulan. Besaran preminya disesuaikan dengan kelas pilihan masyarakat. Untuk membayar tagihan BPJS, Anda bisa mendatangi langsung kantor BPJS, melalui kantor pos, ATM, atau agen PPOB (Pusat Pembayaran Online Bersama) di sekitar tempat tinggal.

Seiring berkembangnya teknologi, layanan pembayaran BPJS kini bisa dilakukan dari mana dan kapan saja hanya menggunakan gadget seperti smartphone. Cara online ini dinilai lebih efektif dan praktis mengingat pengguna BPJS tidak perlu antre untuk mengetahui tagihan atau melakukan pembayaran premi. Berikut adalah ulasan tentang beberapa cara cek tagihan dan bayar bpjs secara online.

Cara Praktis Cek Tagihan BPJS

Cara Cek Tagihan BPJS Online Melalui Website

Cara cek tagihan BPJS online ini bisa diaplikasikan untuk pengguna BPJS pribadi, perusahaan, atau penerima upah. Tapi sebelumnya, pastikan Anda benar-benar tahu jenis dan kelas BPJS yang dimiliki. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman resmi BPJS dengan mengetikkan alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ pada kolom URL di browser smartphone
  2. Klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan”
  3. Setelah itu masukkan informasi yang diperlukan seperti nama, tanggal lahir, dan nomor kartu BPJS
  4. Sebelum klik “Cek” masukkan dulu deretan angka validasi yang biasanya tertera di layar
  5. Tidak berapa lama, informasi tentang berapa tagihan yang harus dibayarkan akan muncul di layar smartphone

Untuk cara cek tagihan BPJS yang menunggak, caranya juga sama. Bedanya, tampilan informasi yang terlihat di layar akan menunjukkan berapa jumlah tagihan yang belum terbayarkan. Nominalnya tentu saja lebih besar daripada ketika kita melakukan cara cek tagihan BPJS kesehatan pengguna yang tidak pernah menunda membayar.

Selain informasi tagihan dan tunggakan, langkah ini juga bisa diterapkan pada cara cek tagihan BPJS kesehatan sudah dibayar atau belum bagi yang ingin tahu apakah pembayaran BPJS sudah dilakukan bulan ini. Sayangnya, dari website resmi ini kita tidak bisa langsung melakukan pembayaran.

Untuk melakukan pembayaran, pengguna masih harus mengunjungi ATM atau agen PPOB terdekat. Biasanya terdapat biaya administrasi atau jasa yang harus dibayarkan juga. Karena sistem BPJS semakin mumpuni, pembayaran tersebut akan langsung masuk ke database dan tercatat sebagai tagihan yang sudah dibayar.

Cara Cek Tagihan BPJS Melalui Aplikasi Rajapay

Selain melalui website, Anda juga bisa melakukan cek tagihan melalui aplikasi PPOB seperti Rajapay. Bedanya, melalui aplikasi ini Anda bisa langsung bayar BPJS tanpa harus antre di ATM atau keluar rumah. Untuk saat ini, Rajapay baru bisa dipasang pada smartphone Android.

Anda bisa mengunduh aplikasi melalui Playstore dan melakukan registrasi agar bisa langsung melakukan pembayaran. Berikut cara cek tagihan BPJS pribadi atau perusahaan melalui aplikasi Rajapay:

  1. Masukkan nomor ponsel terdaftar dan password begitu membuka aplikasi
  2. Pilih menu BPJS
  3. Masukkan nomor BPJS yang biasanya tertera di kartu dan terdiri dari 13 digit
  4. Biasanya informasi jumlah tagihan harus dibayar muncul pada layar smartphone
  5. Jika ingin langsung membayar, pilih menu bayar tagihan
  6. Sebelumnya, pastikan saldo Rajapay terisi
  7. Untuk melakukan top up, ada beberapa pilihan yang bisa diambil yaitu melalui ATM, Alfamart, virtual account, atau Qris. Nominal top up minimal Rp10.000 tapi sebaiknya isi saldo lebih dari jumlah tagihan yang akan dibayarkan
  8. Begitu memilih pembayaran, secara otomatis saldo Rajapay akan terpotong

Mudah bukan? Seperti halnya pembayaran melalui ATM. Membayar tagihan BPJS melalui Rajapay langsung tercatat sehingga Anda tidak perlu khawatir masih punya tanggungan di bulan berikutnya. Langkah di atas juga berlaku bagi Anda yang sedang mencari cara cek tagihan BPJS untuk perusahaan atau cara cek tagihan BPJS bukan perorangan melalui aplikasi.

Selain bisa digunakan untuk cek tagihan dan membayar BPJS, Rajapay juga bermanfaat untuk pembayaran lain seperti PLN, PDAM, Indihome, pulsa, PGN, kartu kredit, hingga multifinance. Tidak heran apabila Rajapay dianggap sebagai salah satu modal mengembangkan bisnis PPOB modal ringan.

Memulai Bisnis PPOB Bersama Rajapay

Untuk membangun bisnis PPOB bersama Rajapay modalnya cukup ringan. Anda hanya perlu menyiapkan smartphone, mini Bluetooth printer, jaringan internet memadai, dan sejumlah dana untuk didepositkan. Sebagai modal awal, lakukan top up paling tidak Rp1.000.000 agar bisa melayani berbagai transaksi dengan mudah.

Agar calon pelanggan tahu, buat promosi sederhana dalam bentuk flyer atau papan petunjuk, atau bisa juga melalui media sosial Anda. Selain praktis, Rajapay termasuk aplikasi yang mudah digunakan. Tampilannya sederhana dan fiturnya cukup lengkap. Salah satu fitur penting agar bisnis PPOB maju adalah “Kasir.”

Pada fitur tersebut Anda bisa mengatur harga untuk konsumen, memonitor setiap transaksi, dan melakukan pencatatan untuk laporan setiap bulannya. Jadi kita tidak perlu repot membeli apalagi memasang aplikasi keuangan untuk membantu menjalankan bisnis.

Tidak hanya itu, memanfaatkan Rajapay untuk bisnis juga akan memberikan beberapa keuntungan lain, yaitu:

  1. Transaksi cepat dan mudah
  2. Ada sistem afiliasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mengajak teman menggunakan Rajapay
  3. Sistem komisi jelas
  4. Layanan Customer Service tersedia 24 jam untuk membantu kita
  5. Bisa kirim saldo ke sesama pengguna aplikasi Rajapay

Menarik bukan? Serunya, Anda tidak perlu menyewa tempat  untuk menjalankan bisnis PPOB ini. Dari mana dan kapan saja Anda bisa melakukan transaksi. Bahkan jika tidak memiliki printer, Anda masih bisa menggunakan fitur cetak PDF sehingga pelanggan tetap bisa mendapatkan bukti pembayaran mereka dalam bentuk file.

Itulah ulasan tentang beberapa cara cek tagihan BPJS, baik cara cek tagihan BPJS kesehatan untuk perusahaan, cara cek tagihan BPJS untuk penerima upah, cara cek tagihan BPJS kesehatan badan usaha, dan perseorangan atau pribadi. Jangan lupa untuk segera bayar BPJS Anda, ya. Semoga bermanfaat!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *