Masih Antre? Simak Cara Praktis Membayar Listrik Online Ini

Bayar PLN

Listrik termasuk salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap orang. Hal ini membuat angka pengguna listrik meningkat setiap tahun sehingga pemerintah merasa bahwa pembangkit listrik baru dibutuhkan. Inilah mengapa beberapa tahun lalu Presiden Joko Widodo membangun ratusan pembangkit listrik baru.

Dengan daya mencapai 35.000 Megawatt, pembangkit listrik tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan setiap penduduk Indonesia secara merata. Melihat betapa pentingnya listrik bagi kita, tentu bukan hal aneh apabila PLN mewajibkan pengguna untuk membayar rekening listrik.

Jika ingin bisa menikmati listrik, sudah menjadi kewajiban kita untuk melunasi tagihan listrik setiap bulan. Karena jika tidak, PLN bisa mencabut fasilitas tersebut sewaktu-waktu dan membuat segala kegiatan berhubungan dengan listrik terhambat. Apabila tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya kita tidak lalai untuk bayar PLN.

Banyaknya jumlah pengguna membuat PLN menyediakan banyak opsi pembayaran mulai dari konvensional yaitu antre di kantor layanan PLN atau kantor pos, hingga online melalui PC, laptop, atau smartphone yang terhubung dengan internet. Untuk pembayaran online, pilihan provider atau jasanya pun beragam.

Tapi sebelum membahas cara pembayaran listrik online, mari kita ulas dulu beberapa cara cek tagihan PLN secara online.

Cara Cek Tagihan PLN

1. Cara Cek Tagihan PLN Melalui Website

Untuk mengetahui tagihan PLN secara online dan real time, metode yang pertama adalah melalui website resmi www.pln.co.id. Begitu memasuki laman utama, lakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan beberapa informasi yang dibutuhkan seperti ID pelanggan (biasanya terdiri dari 12 angka), nama rekening listrik, dan kata sandi untuk keperluan login.

Jika sudah terdaftar, kembali ke laman utama dan lakukan login ulang dengan cara memasukkan ID pelanggan dan kata sandi yang telah dibuat tadi. Biasanya setelah itu layar akan menunjukkan berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan, serta informasi tambahan lain seperti denda apabila Anda sempat menunggak.

2. Cara Cek Tagihan PLN Melalui Aplikasi

Selain website, PLN juga memiliki aplikasi resmi bernama PLN Mobile. Aplikasi bisa diunduh terlebih dahulu lalu install ke smartphone. Jika sudah terpasang, buka aplikasi lalu pilih menu “Informasi.” Selanjutnya pilih menu “Informasi Tagihan,” lalu masukkan ID pelanggan atau nomor meteran.

Terakhir, klik tombol “Cari.” Tidak lama biasanya aplikasi akan menampilkan status tagihan serta nominal yang harus dibayarkan. Selain aplikasi resmi, cek tagihan PLN juga bisa dilakukan melalui aplikasi dari provider lain, Rajapay misalnya. Bedanya, melalui aplikasi PLN Mobile kita tidak bisa langsung melakukan pembayaran  seperti halnya melalui aplikasi seperti Rajapay.

Itulah beberapa metode untuk cek tagihan PLN secara online. Untuk pembayaran tagihan listrik secara online, ada beberapa metode yang bisa dipilih. Yaitu melalui kantor PLN bagi yang ingin tahu cara bayar listrik online gratis atau ATM, Kantor Pos, minimarket, dan agen PPOB (Pusat Pembayaran Online Bersama) untuk pembayaran nongratis sebab pelanggan juga harus membayar biaya jasa pembayaran.

Cara Praktis Bayar Tagihan Listrik PLN Secara Online

Sebenarnya PLN telah menyediakan sistem pembayaran online sejak internet mulai banyak dipergunakan di Indonesia. Hanya saja sekarang pilihan provider untuk pembayaran lebih beragam tidak hanya melalui ATM, kantor pos, atau agen PPOB saja. Karena pengguna smartphone semakin banyak, banyak provider yang menyediakan aplikasi untuk memudahkan pelanggan melakukan Bayar PLN.

Salah satu provider yang juga menyediakan aplikasi PPOB untuk smartphone adalah Rajapay. Karena aplikasi ini merupakan layanan PPOB, selain PLN Anda juga bisa membayar tagihan lain melalui Rajapay. Saat ini aplikasi Rajapay tersedia di Playstore dan bisa di-download.

Untuk memanfaatkannya, pastikan aplikasi telah terpasang di smartphone lalu lakukan registrasi. Dalam proses registrasi, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel aktif, alamat email, nama, dan membuat password agar tidak sembarangan orang bisa mengakses aplikasi.

Agar proses pembayaran bisa berjalan lancar, lakukan top up terlebih dahulu. Ada beberapa metode yang bisa dipilih yaitu melalui ATM, Alfamart, virtual account, atau Qris. Pastikan nominal top up cukup untuk membayar tagihan PLN yang akan dibayar melalui aplikasi.

Jika sudah, selanjutnya ikuti langkah bayar PLN melalui Rajapay berikut:

  1. Login ke aplikasi dengan memasukkan nomor ponsel aktif dan password
  2. Pilih menu bayar tagihan lalu pilih “PLN”
  3. Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran
  4. Pada layar selanjutnya akan muncul informasi tagihan dan jumlah yang harus dibayarkan
  5. Klik “Bayar” dan secara otomatis saldo Rajapay akan berkurang sesuai dengan jumlah tagihan listrik

Cara di atas juga dapat dilakukan bagi Anda yang menggunakan meteran listrik token. Bedanya, Anda perlu memilih besaran pulsa token yang dibeli sesuai kebutuhan. Seperti langkah di atas, di akhir transaksi saldo Rajapay akan terpotong sesuai dengan nominal pulsa token yang dipilih.

Cara bayar listrik online via hp tersebut  bisa dilakukan dari mana dan kapan saja selama Anda terhubung dengan jaringan internet memadai. Langkah-langkahnya sebenarnya mirip dengan cara bayar listrik online BCA, cara bayar listrik online Mandiri, atau ATM bank lainnya.

Bedanya, kita melakukan hal tersebut melalui smartphone. Tentu saja hal ini lebih praktis dan menghemat waktu. Tidak hanya membayar dan cek tagihan PLN, melalui aplikasi Rajapay pengguna juga bisa tahu apakah tagihan sudah dibayar atau belum. Untuk cara cek bayar listrik online, kurang lebih sama dengan langkah di atas.

Bisnis PPOB dengan Rajapay

Sebagaimana yang sempat dibahas sebelumnya. Selain PLN, Rajapay juga bisa digunakan untuk membayar tagihan lain seperti PGN, PDAM, Indihome, BPJS, TV Kabel, kartu kredit, hingga multifinance lainnya. Hal ini tentu saja bisa jadi peluang bisnis menguntungkan.

Bermodalkan smartphone, aplikasi Rajapay, dan jaringan internet memadai saja, Anda sudah bisa menjadi agen PPOB dan memperoleh penghasilan tambahan. Didukung beberapa fitur menarik seperti kasir dan afiliasi, bukan tidak mungkin usaha ini akan berkembang lebih pesat. Menarik bukan?

Demikian ulasan tentang cara praktis bayar PLN secara online, semoga bermanfaat.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *